Kesuksesan itu tidak jauh dari karakteristik yang dimiliki oleh pengusaha sukses. Tapi Anda tidak perlu khawatir karakteristik dapat dipelajari dengan praktek dan mengembangkan sikap untuk menuju kesuksesan,terutama jika Anda menetapkan tujuan menerapkan dalam diri, melalui perencanaan strategis untuk mencapai tujuan - tujuan tersebut dalam tahap -tahap yang terarah.
Seperti aktivitas anda untuk meraih sebuah kesuksesan dalam tujuan yang dipilih, sebagai perumpamaan , berkendaraan supaya bebas dan legal dijalan raya seseorang harus memiliki surat izin mengemudi (SIM) ,Seorang atlet untuk mendapatkan juara ,harus banyak berlatih dan berlatih.
Jika tujuan Anda adalah sukses dalam bisnis, maka rumusnya adalah tidak berbeda. Ada keharusan tertentu yang harus sepenuhnya dikembangkan, dilaksanakan dan di kelola untuk bisnis Anda untuk sukses.
Dibawah ini adalah beberapa keharusan yang lebih penting untuk memulai, beroperasi dan menumbuhkan usaha kecil.
Diantaranya:
@ Lakukan apa yang Anda nikmati@
Apa yang Anda dapat dari Usaha Anda sebagai kepuasan pribadi dan mendapatkan keuntungan yang besar, stabilitas dan kenikmatan akan menjadi yang Anda masukkan dalam ke dalam usaha Anda. Jika anda tidak menikmati apa yang Anda lakukan,dalam semua kemungkinan akan tercermin dalam keberhasilan atau kurangnya keberhasilan, bahkan jika Anda tidak menikmati apa yang Anda lakukan ,kemungkinan anda tidak akan berhasil.
@Ambil apa yang Anda lakukan dengan serius@
Jangan harap Anda bisa efektif dan sukses dalam usaha Anda kecuali Anda benar-benar percaya dengan Usaha Anda dalam barang ataupun jasa yang Anda lakukan. Sudah sangat banyak usaha yang gagal di karenakan ketidakseriusan pemilik usaha dengan apa yang dia usahakan, dikarenakan tidak berada gedung perkantoran,park,toko atau pabrik jadi kurangnya termotivasi. Maka dari itu walaupun usaha Anda dimulai dari usaha rumahan lakukanlah dengan serius dan jangan setengah-setengah untuk mencapai sebuah kesuksesan.
@perencanaan yang matang@
Perencanaan dalam usaha Anda, tidak hanya suatu keharusan, tetapi juga membangun kebiasaan yang setiap pemilik usaha harus mengembangkan, menerapkan dan memelihara. Tindakan perencanaan usaha sangat penting karena mengharuskan Anda untuk menganalisa setiap situasi usaha, penelitian dan kompilasi data dan membuat kesimpulan berdasarkan pada fakta-fakta yang terungkap pada penelitian Sebuah rencana usaha juga melayani fungsi kedua, yang memiliki tujuan Anda dan bagaimana Anda akan mencapainya.
Anda dapat mengunakan rencana yang Anda buat ,baik sebagai peta untuk membawa Anda dari nol hingga berhasil dan sebagai tolak ukur untuk mengukur keberhasilan setiap rencana individu atau segmen rencana.
@ Mengelola uang dengan bijaksana@
Pusat dari setiap usaha adalah arus kas . Anda perlu untuk membeli persediaan, membayar untuk layanan , mempromosikan, memasarkan usaha Anda, memperbaiki dan menganti peralatan dan perlengkapan, serta membayar diri Anda sehingga Anda dapat terus bekerja.
Oleh karena itu, semua pemilik usaha harus menjadi manajer uang yang bijaksana untuk memastikan uang tersebut terus mengalir dan tagihan dibayar .
Ada 2 aspek untuk mengelola uang yang baik
1. Uang yang Anda terima dari klien dalam pertukaran untuk barang atau jasa yang Anda sediakan (pendapatan)
2.Uang yang Anda habiskan persediaan, upah dan barang- barang lain yang diperlukan untuk mempertahankan usaha Anda beroperasi (beban)
@ Mintalah penjualan@
Seorang pengusaha harus selalu ingat bahwa pemasaran , iklan atau kegiatan promosi tidak berharga , terlepas dari seberapa pintar, mahal atau sempurna di targetkan mereka kecuali satu hal sederhana di capai, meminta penjualan ini bukan untuk mengatakan bahwa menjadi pejual yang hebat, jagoan iklan copywriting atau spesialis publik, relations bukanlah aset berharga bagi usaha Anda. Namun semua ketrampilan ini akan sia-sia jika Anda tidak aktif meminta orang untuk membeli ap yang Anda jual.
@ Ingat semua tentang pelanggan @
Usaha Anda bukan tentang produk atau jasa yang Anda jual, usaha Anda adalah bukan tentang harga yang Anda tetapkan untuk barang dan jasa. Usaha Anda bukan tentang pesaing Anda dan bagaimana untuk mengalahkan mereka. Usaha Anda adalah semua tentang pelanggan Anda atau klien . Setelah semua pelanggan Anda adalah orang-orang yang pada akhirnya akan memutuskan apakah usaha Anda berjalan meningkat atau menurun . Segala sesuatu yang Anda lakukan dalam usaha harus fokus pelanggan , termasuk kebijakan Anda , jaminan, pilihan pembayaran , jam operasi , persentasi, iklan dan kampanye promosi dan website.
Anda harus tahu siapa pelanggan Anda dalam ke luar dan sebaliknya.
@ Tidak menutup diri atau malu untuk menjadi promotor dan buat semua orang menyenangi Anda@
Mitos terbesar tentang kesuksesan pribadi adalah bahwa pada akhirnya usaha Anda, kemampuan pribadi , produk atau jasa akan dapat ditemukan dan dipeluk oleh massa yang akan mengalahkan jalan ke pintu Anda untuk membeli apa yang Anda jual. Tapi bagaimana ini bisa terjadi jika tidak ada yang tahu siapa Anda, Apa yang Anda jual dan mengapa mereka harus membeli?
Promosi diri adalah salah satu yang paling menguntungkan , namun sebagian besar kurang dimanfaatkan , alat pemasaran yang sebagian besar pemilik usaha , memiliki pembuangan langsung mereka.
@ proyek citra usaha yang positif@
Buatlah kesan positif dan mengesankan pada orang-orang dengan siapa Anda berniat untuk melakukan Usaha. Seorang wirausahawan harus pergi keluar dari jalan mereka dan membuat upaya sadar untuk selalu memproyeksikan citra usaha yang paling profesional mungkin. Mayoritas para usahawan tidak memiliki keuntungan dari kantor atau etalase elegan dan ruang pamer untuk prospek dan mengesankan pelanggan . Sebaliknya , mereka harus bergantung pada imajinasi ,kreativitas dan perhatian terhadap detail terkecil saat membuat dan memelihara citra profesional untuk usaha mereka.
@ Kenali pelanggan Anda@
Fitur terbesar dan sering keunggulan kompetitif yang paling signifikan pengusaha berbasis kecil memiliki lebih dari pesaing yang lebih besar adalah ia dapat menawarkan perhatian pribadi. Sebut saja reaksi teknologi tinggi jika Anda mau , tapi pelanggan sakit dan lelah mendengar bahwa informasi mereka adalah suatu tempat di komputer dan harus diambil , atau mengatakan untuk mendorong belasan digit untuk akhirnya sampai ke department yang tepat hanya untuk berakhir dengan pesan suara , dari mana mereka tidak pernah menerima panggilan telepon kembali.
Seorang usahawan harus benar-benar dapat menjawab panggilan telepon ,mengenal pelanggan , memberi perhatian pribadi dan menang atas usaha yang berulang dengan melakukannya. Itu fakta , di teliti bahwa sebagian besar usaha(80%) akan datang dari pelanggan tetap dari pada pelanggan baru. Semakin banyak yang Anda dapat lakukan untuk merayu pelanggan , semakin baik Anda dalam jangka panjang dan perhatian pribadi sangat dihargai dan diingat dalam dunia teknologi tinggi modern.
@Tingkat lapangan bermain dengan teknologi@
Hindarilah terlalu terjebak dalam dunia teknologi tinggi, tetapi Anda harus tahu bagaimana untuk mengambil keuntungan dari mengunakannya . Salah satu aspek yang paling yang paling menakjubkan dari internet adalah bahwa satu atau 2 orang usaha yang beroperasi dari ruang bawah tanah dapat memiliki website unggul sebuah perusahaan dan tidak ada yang tahu perbedaannya, pastikan anda menjaga dengan dunia teknologi tinggi seperti itu sesuai dengan kebutuhan Anda. Teknologi terbaik adalah yang membantu Anda, bukan apa yang mengesankan tentang Anda.
@ Membangun tim top-notch@
Tidak ada satu orang dapat membangun usaha yang sukses sendirian . Ini tugas yang membutuhkan tim yang berkomitmen seperti Anda untuk usaha dan kesuksesan. Tim Anda mungkin termasuk anggota keluarga , teman, pemasok,aliansi bisnis, karyawan,sub-kontraktor , industri dan asosiasi bisnis, pemerintah daerah dan masyarakat. Tentu saja anggota tim yang paling penting akan menjadi pelanggan atau klien. Salah satu atau semua mungkin memiliki suara dalam bagaimana usaha Anda akan berfungsi dan saham di masa depan usaha Anda.
@Menjadi dikenal sebagai ahli@
Bila ada masalah yang perlu diselesaikan , apakah Anda akan mencari saran kepada siapapun, atau apakah Anda akan mencari seorang ahli di lapangan untuk membantu memecahkan masalah khusus Anda , tentunya Anda ingin informasi dan bantuan yang dapat memecahkan masalah dengan akurat. Anda secara alami akan mencari seorang ahli dalam memecahkan masalah Anda,misalnya Anda akan memanggil tukang ledeng untuk memperbaiki tangki air yang bocor atau memanggil dokter ketika Anda Sakit gigi . Oleh karena itu , hanya berdiri untuk alasannya bahwa semakin Anda dikenal tentang keahlian Anda di usaha yang Anda lakukan, semakin banyak orang akan mencari Anda untuk memasuki keahlian Anda, menciptakan lebih banyak penjualan dan peluang dan anda akan menjadi dikenal sebagai ahli dalam usaha Anda. Alih-alih menemukan orang-orang baru dan berkualitas untuk menjual kepada orang-orang ini mencari Anda untuk keahlian Anda.
@Buat keunggulan kompetitif@
Usaha Anda harus memiliki proposisi penjualan yang unik dan jelas hal ini tidak lebih dari cara mengajukan pertanyaan penting , " mengapa orang akan memilih untuk melakukan usaha dengan Anda atau membeli produk atau jasa Anda bukannya melakukan Usaha dengan pesaing dan membeli produk atau jasanya?" Dengan kata lain , Apa yang salah satu aspek atau kombinasi aspek akan memisahkan usaha Anda dari pesaing Anda, Apakah dengan layanan yang lebih baik ,garansi lebih lama, lebih banyak pilihan , jam kerja lebih lama, pemilihan pembayaran yang lebih fleksibel ,harga terendah , layanan pribadi , layanan pelanggan yang lebih baik, kebijakan pengembalian dan penukaran lebih atau kombinasi dari semuanya.
@Investasi pada diri sendiri@
Pengusaha harus membeli dan membaca bisnis dan pemasaran buku,majalah,laporan ,jurnal,bulletin , website,dan publikasi industri,mengetahui bahwa sumber daya ini akan meningkatkan pemahaman Anda tentang usaha dan fungsi pemasaran dan ketrampilan. Mereka bergabung dengan asosiasi bisnis dan klub, dan jaringan dengan orang-orang bisnis yang trampil untuk belajar rahasia sukses mereka dan membantu menentukan tujuan dan sasaran mereka sendiri. Pengusaha top banyak menghadiri seminar-seminar dan pendidika(n tentang bisnis. Singkatnya pengusaha tidak akan berhenti berinvestasi ,efektif,dan terbaik dalam usahanya.
Itulah beberapa dari solusi menjadi seorang wirausahawan sukses, supaya menjadi mandiri dalam usaha.
Artikel ini masih bersambung ke Artikel berikutnya.
No comments:
Post a Comment